bukan berarti penghianat kalo pengen belajar tentang Belanda


kincir paling tua di Belanda. (Foto: www.photobucket.com)

Belanda atau yang lebih populer dikenal sebagai 'mantan penjajah' di kalangan orang Indonesia sebenarnya punya banyak keunggulan yang bisa kita pelajari. -jangan hanya karena nenek-kakek kita dulu bencinya setengah mati sama mereka, kita juga jadi harus ikut-ikutan dapet warisan rasa benci itu, setuju?-.
Emang sih, dulu Belanda punya tabiat jelek yang suka ngakalin negara-negara dunia ketiga kayak Indonesia, tapi itu sebenarnya juga merupakan bukti bahwa Belanda adalah negara pintar (hanya negara pintar yang bisa menjajah sampe 350 tahun) yang punya potensi lebih untuk dipelajari atau kalo memungkinkan di'imitasi' -caelah, bahasa gue- .
Belanda punya luas yang jauh lebih sempit, lebih tandus, lebih beresiko, dan lebih2 lainnya yang mengarah ke sisi negatif dibandingkan dengan indonesia, lalu pertanyaannya kenapa bisa Belanda memiliki reputasi yang lebih baik dari Indonesia, bahkan yang paling ironis adalah dalam bidang pertanian.
                         Kincir angin Belanda. Sumber: http://www.flickr.com/photos/hisa/130685080/

Belanda memiliki motto :
" Je Maintiendrai" yang artinya "Saya akan mempertahankan"
Pernah dengar istilah " kepepet membuat orang jadi kreatif?". Pada dasarnya manusia itu simpel, gak mau terancam, takut mati dan memiliki insting untuk bertahan. mungkin itu beberapa alasan kenapa Belanda bisa semaju sekarang. Dengan kondisi geografis yang sangat rawan, mereka -orang belanda maksudnya-, berusaha keras dan sungguh-sungguh dalam upaya mempertahankan tempat hidup mereka karena tidak semua negara seberuntung Indonesia dimana orang menanam batang aja bisa tumbuh tanpa dirawat 'gemah ripah loh jinawe'  -di lagunya bimboo yang kolam susu itu-. beruntunglah bagi negara yang memiliki tekanan sebagai pendorong untuk maju, meski bukan berarti tekanan adalah motivator yang baik.

http://ijonk89.files.wordpress .com /2009/03/ujian-belanda.jpg)
Berbagai riset dilakukan dan pengembangan teknologi dilakukan dengan serius dan motiv yang jelas -tidak lagi dicampuri kepentingan-kepentingan politik dari pihak-pihak tertentu seperti di Indonesia-, and finally, like what we know...sesuatu yang diawali dengan niat baik pasti hasilnya juga ok. Sistem pengelolaan air, agriculture, pariwisata dan permukinan terorganisir dan berkembang dengan baik, tapi harus diingat itu semua butuh kerja keras, nggak cuma duduk bersila nunggu keajaiban jatuh dari langit.
hahaha...sebenarnya ada banyak hal yang ingin aku sampaikan dari pelajaran ini, yaitu;
1. nggak boleh dendam
2. dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan
3. tidak selamanya Belanda itu jahat, hehe...seperti manusia, negara juga memiliki sisi baik dan sisi buruknya sendiri-sendiri, jadi kita nggak boleh mengklaim bahwa setiap penjajah itu= kejam dan serakah. Buktinya singapore seneng banget tuh dulu pernah dijajah inggris
so...apa perlu ditekan mati-matian dulu baru mau berjuang?, mari kita mulai berfikir mengenai 'kita' dan 'mereka', bukan cuma 'aku' dan duniaku. jangan jadi kejam dengan hanya melihat dunia dari sudut pandang kta saja sebagai aktor utama.

Nb ; maaf kalau tulisan saya rada skeptis, tapi kenyataan memang tidak selamanya sopan dan menyenangkan bukan? ;p

Komentar

  1. belanda tetap maju , dan aku akan study disana ( I LOVE AMSTERDAM BELANDA )

    BalasHapus

Posting Komentar

Find de lesson already?
I hope so.
thanks for the comment anyway :D

Postingan populer dari blog ini

Moving Out

Jakartan, Mall, and Things in between

Home