Detachment (2011)


Detachment adalah film bagus yang sangat jelek.
Tips 1: Jangan pernah mencoba untuk menonton film di saat lu baru saja nonton film-film dengan penghargaan best picture sekelas Whiplash maupun The Imitation Game. Seriusan jangan(!)
Tips 2: 10 menit pertama nonton dan udah nyerah? please hang on.


Gue sebelumnya nggak pernah mempermasalahkan kualitas sebuah film dari segi produksinya. Tapi untuk kali ini, seriusan setiap jengkal dari tampilan film ini membuat mata gue merasa terdzolimi. Kenapa? ya elu bayangin aja gimana perasaan gue saat melihat satu adegan dipotongnya kasar banget, atau seberapa mengganggunya melihat muka talent dalam mode zoom in/zoom out pada momen2 yang sangat-sangat tidak tepat *I really hate documentary style in movie-making FYI*. Gue memang cuma konsumen yang nggak tahu tetek bengek perfilman, perbendarahaan istilah gue juga minim banget, plus gue cuma nonton film ini via file bajakan jadi gue nggak punya hak buat mencerca. Tapi apa daya setelah terlanjur nonton film ini, sungguh gue langsung merasa menjadi pihak yang tersakiti.
Setelah gue selidiki mengapa film ini bisa sehebat itu dalam membuat keyakinan gue terhadap ‘cantik itu nggak selalu harus di tampilan’ runtuh, akhirnya gue nemu alasan yang make sense. Film ini adalah film Indie low budget sodara-sodara. Bahkan budget film ini gue curigai nggak sebanyak budget yang dianggarkan untuk Blank Space nya Taylor Swift. Dari sini semua menjadi terjelaskan, dan ya..sedikit termaafkan, apalagi film ini punya plot dan gaya penceritaan yang luar biasa. Jadi ya sudahlah ya, cukup ngumpat2 nya dan mari lanjut ke poin bagus yang benar2 gue apresiasi.

Film Detachment punya premis yang sebenarnya bisa dibilang sangat biasa, yaitu tentang seorang guru pengganti yang ditugaskan untuk mengajar Bahasa Inggris di suatu SMA. Dari premis ini, secara pribadi gue langsung ngebayangin bahwa Detachment mencoba untuk menggambarkan bagaimana kehidupan dunia guru dan/atau murid SMA pada periode waktu tertentu di barat sono seperti yang pernah dikasi liat di film Election (1999), atau Take The Lead (2006), atau Freedom writers (2007), dan atau2 lainnya yang mana itu banyak sekali.
Ternyata gue nggak sepenuhnya benar, emang sih banyak juga dikasih lihat gimana kondisi pendidikan melalui kenyataan2 informatif seperti yang tersirat dalam film-film yang sudah gue sebutkan sebelumnya. Akan tetapi, yang lebih mencolok dalam film ini adalah sudut pandang yang dipakai serta gaya penceritaannya yang Oh.My.God this is so good sampai2 gue merasa belum pernah sedepresi ini hanya gara2 pengaruh cerita film.
Film Detachment memakai sudut pandang Henry Barthes sebagai guru yang menolak untuk benar2 ‘terikat’ dengan kehidupan dalam pekerjaannya sehingga dia terus memilih untuk menjadi guru pengganti yang berpindah2 dari satu sekolah ke sekolah lainnya. Film ini lebih fokus menyoroti pribadi Henry serta masa lalu yang menjadikannya seseorang dengan kecenderungan untuk ‘detach’. *btw, congrats buat Adrien Brody yang sukses meranin role ini berkat mata melasnya yang entah kenapa selalu ngebikin gue relate sama ekspresi Will Smith*
Kalau gue boleh bilang, film Detachment adalah film depresif yang sangat indah. Penceritaannya yang luar biasa dalem dengan selalu diselubungi oleh nuansa suram lah yang membuat gue mengatakan bahwa film ini sungguh2 bisa bikin orang ingin tiduran di bath-up, diisi air dingin, dan nggak bangun2 lagi. Jadi, kalau kalian nggak ingin mood kalian dibikin berantakan selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari, sebaiknya jangan menonton film ini. Kalau dari pengalaman gue, aura yang timbul di film ini mirip2 dengan aura yang dihasilkan oleh seni animasinya Tim Burton seperti Corpse Bride (2005) dan Nightmare Before Christmas (1993) yang terus aja ngebikin gue bergugam dalam hati ‘harus gini banget ya bentukan fisik karakternya?’

too bad film Detachment tidak bisa sesukses film Indie lainnya seperti Short Term 12 yang bahkan sampai sekarang ‘hangat’nya masih terasa di dada gue. Akan tetapi, film ini telah masuk jajaran film favorit dalam daftar gue dan sebagai informasi, daftar gue ini isinya ada whiplash dan the imitation game juga =p

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Moving Out

Jakartan, Mall, and Things in between

Home