My Top 10 Music/Music Videos in 2016


Ah, ga kerasa this is already the time of the year buat nulis rekap2an again.
Sama seperti tahun sebelumnya, ada banyak MV di tahun 2016 yang kece badai dan berhasil menghibur hidup gue mostly saat berada dalam transjogja ataupun kebut2an ngejar deadline di kantor (uhm, nganu…ngejar deadline malah yutupan? Hahaha don’t u dare to judge me)
Well, kenapa post ini penting?
Seperti yang sudah gue terangin sebelumnya, banyak waktu gue yang gue pakai untuk ngedengerin musik ataupun mantengin MV. Yep, gue tipe orang yang ga bisa untuk nggak nyolokin headset di telinga, kapanpun itu. Gak sehat sih memang, gue bahkan udah bisa ngebayangin gue harus memakai alat bantu dengan di umur 70an gue. But yowes lah yaa…sama seperti prinsip pecinta makanan, I will give up my 5 years of life to enjoy any kind of unhealthy foods which makes my live happier and worth living instead of punya 5 tahun tambahan tapi gatau gimana nikmatnya sate koyor.
(hahaha, kebanyakan alesan)

Okay okay, mari kita mulai aja post ini.
Sama halnya dengan tahun lalu, aturan dalam list favorit ini nggak berubah. Pertama, gue nggak membuat list berdasarkan ranking karena heiii…every song contains a certain-unique feeling and gives different sensation, jadi kepie bisa di ranking? (another alesan absurd)
Dan Kedua, list ini adalah list yang dibuat se-spontan mungkin dan merupakan list yang terlintas di kepala pada satu momen singkat aja, jadi  adalah sangat mungkin kalau ada MV lain yang nggak kalah keren tapi nggak bisa masuk ke sini, maaf yaa.

Alrighttt…mari dimulai
1.      Pillowtalk (Cover by Leroy Sanchez)_Zayn Malik


Why I love this song:
Sama seperti saat pertama kali ngedengerin comebacknya Adele dengan lagu Halo, raw vocal (elah bahasa gue) yang dimiliki oleh Zayn kerasa banget dalam lagu ini, cuman dari sebegitu powerfulnya itu lagu, ada 1 kekurangan yang bikin telinga gue sedih, yaitu aksen. Si Zayn ngomong ‘climb on board’ eh yang nyangkut di kuping eke ‘clamombo’…kan jadi awkward ya K
Therefore, gue jauh lebih ngerasain feel lagu ini ketika dinyanyiin oleh penyanyi cover favorit gue, Leroy Sanchez.
Nggak Cuma full of talent, Leroy juga punya kemampuan buat mengekspresikan lagu orang lain lewat gaya dia sendiri.

2.      I Took A Pill in Ibiza (Seeb Remix)_Mike Posner

Unfortunately, I can't attach the right MV, please find it here :)

Why I love this song:
Pertama denger di radio, I Took a Pill in Ibiza cuma semacam lagu ‘berisik’ pada umumnya. Tapi dua kali tiga kali didengerin kembali, sedih euih liriknya..kontras banget dengan musik yang ngasih kesan hingar bingar yang mana itu tepat banget buat nunjukin paradoks yang diceritain si penyanyi dalam lagu ini.

Trivial comment:
Cerita yang disampaikan di lagu ini ngingetin gue dengan lagu Kygo –Stole the Show yang sama-sama secara eksplisit bilang bahwa fame is not only bring you joy, but strangely also leave a hole, somewhere in your heart *sotoy maksimal

3.      Fire_BTS

Watch the Official MV here :)

Why I love this song:
Tahun lalu, gue inget banget kalo gue bilang bahwa Big Bang dan SNSD adalah the only two K-POP groups yang gue akuin. Tahun ini? Tertampar dong melihat berbagai grup baru mulai membuktikan eksistensinya melalui effort yang kalau gue bilang, overwhelming.
Terlepas dari strereotype  grup KPOP berupa ‘a bunch of stylish-good looking people sing and dance together’ BTS mampu nunjukin bahwa cakep, stylish dan bisa dance aja nggak cukup. Mereka punya ‘unsur pembeda’ dalam musik yang mereka mainkan, salah satu formula yang jadi kunci betapa populernya Big Bang di ranah internasional.

Trivial comment:
Cek aja semua dance practice BTS (yep, I’ve watched them ALL), dari situ kalian bakal mulai mengerti kenapa gue bilang effort yang mereka lakukan beneran overwhelming..seolah nunjukin bahwa ‘we deserve to be success since we’ve worked our ass-off in this’ lol

4.      Wiser_Madilyn Bailey
Watch the Official MV here :)

Why I love this song:
Lagu sarcastic berlatarbelakang patah hati? Hell yeahhh hahaha
Suara Madilyn yang benar-benar bold cocok banget nyanyiin lagu beginian. Not to mention how fabulous her looks on this MV is.
THANK YOU FOR BREAKING MY HEART, SHOWING ME WHO YOU ARE!
Hahahanjir kan, jadi kebawa suasana

Important advice:
Sangat tidak disarankan buat dengerin lagu ini pas ngejar deadline. Karena jatohnya kalian tanpa sadar hanya akan ngumpat2in kerjaan dan ngeganggu temen seruangan :p

5.      Let Me Love You_DJ Snake ft. Justin Bieber

This Lyric Video is enough :p

Why I love this song:
Sejak keluarnya serentetan MV Justin Bieber yang fenomenal tahun lalu dari album terbarunya, Purpose (Sorry; I’ll Show You; Love Yourself; What Do You Mean), gue merasa bahwa Justin Bieber mulai steady dengan kualitas musik yang bagus serta collab/feat dengan musisi-musisi lain yang tepat.
Lagu Let Me Love You merupakan salah satu featuring kece yang gue maksud. Berhubung tahun 2016 adalah tahun dimana aliran EDM sedang ngehits banget dimana Major Lazer, DJ Snake, dan Chainsmoker memenuhi playlist umat mainstream, kolaborasi dengan vocal macam Justin Bieber benar-benar bikin lagu ajeb-ajeb ini nggak cuma jadi pemicu headbang tapi juga memberikan ‘jiwa’ untuk dirasakan oleh pendengarnya *gue abis minum apaan sih bisa ngelantur gini banget

Unnecessary comment:
Not really a fan of the MV sih soalnya ceritanya geje dan semacam mendegradasi makna lagunya but ah yasuda let’s just ignore it.

6.      Say You Won’t Let Go_James Arthur


Why I love this song:
How could you ask why??
Bagian mana yang bisa ditolak dari sebuah lagu dengan lirik yang saking manisnya bisa bikin diabetes dan dinyanyikan oleh mas-mas ganteng bersuara manly?
Jelaskan ke gue bagian mana??
Hahaha, seriusan sih, Say you won’t let go adalah jenis lagu yang membuat orang tertegun dan tersenyum, seenggaknya dalam hati karena memberikan ‘kehangatan’ tersendiri, sama seperti lagunya Ed Sheeran tahun lalu, Photograph *belum lagi ditambah dengan MV nya yang juga nggak kalah sweet dan sincere, sama juga kayak Photograph :D

Additional comment:
I really fall for the ‘grandpa’ acting part on this movie. When he cries, there is a hole in my heart.

7.      Better_Meghan Trainor ft. Yo Gotti

Urgh, watch the MV here also
Why I love this song:
Basically, Better cuma terdiri dari baris lirik yang sedikit banget (untuk part Meghan) dan ditambah dengan rap yang menurut gue nggak sebegitu berkesannya.
Lalu kenapa gue suka lagu ini?
Karena Better menunjukkan bahwa nggak butuh lirik banyak2 untuk membuat sebuah lagu kerasa maknanya. Better membuat gue semakin mengakui bahwa nggak salah Meghan dianggap sebagai salah satu penulis lagu yang handal. I mean, walopun lagu-lagu lama Meghan macam All About That Bass, Future Husband, dan Me too yang ringan berasa sarcastic dan menghasilkan banyak haters, tapi nggak bisa dipungkiri juga bahwa lagu-lagu catchy ini bisa ngebikin orang ikut nyanyi tanpa sadar.

8.      Mercy_Shawn Mendes


Why I love this song:
Shawn Mendes adalah salah satu musisi yang kompeten dalam membawa orang ke dalam vibe mendayu-dayu, selalu. Nggak tau dah ini bocah dikasi makan apa sama orang tuanya sampai-sampai semua lagu yang dibikin dalem2 banget dan nancep di hati. Kisah percintaan dia kayaknya berat banget hahaha
Hal ini jadi ngingetin gue ke Adele dan Taylor Swift. Kedua musisi ini selalu menuangkan pengalaman cinta mereka ke dalam sebuah lagu yang punya jaminan bakal terkenal. Adele didukung dengan kekuatan vokalnya, Tay Tay dengan lirik, melodi -dan MV nya :p- sementara Shawn mengedepankan semua aspek tersebut, belum lagi ditambah unsur ‘usia dan muka’ yang pasti menarik perhatian semua teenager haus idola lol

9.      Rockabye_Clean Bandit ft. Sean Paul & Anne-Marie

Urgh, watch the MV here also

Why I love this song:
Satu lagi lagu dengan lirik yang kuat, vocal yang cantik, proporsi rap yang pas dan musik yang bisa mengimbangi tiga komponen sebelumnya.
Sebenernya sedikit subjektif sih since lagu ini adalah tentang ibu and as you guys already know kalo gue sangat ‘terikat’ sama ibu gue (moreover, gue tipe orang yang sensitifnya nggak ketulungan)
:’)

10.  Stay_Blackpink


Why I love this song:
Seperti yang sudah gue bilang di part BTS atas tadi, ada banyak KPOP grup yang bermunculan dan meunjukkan ‘taringnya’ tahun ini, salah satunya adalah Blackpink.
Disaat gue mengagumi BTS karena effort dari pada anggotanya yang gila banget, Blackpink malah menunjukkan poin lain yang membuat gue kagum yaitu tim dibalik sebuah grup KPOP.
Berbeda dengan kebanyakan musisi barat yang punya ‘bakat natural’ tersendiri dan bisa terkenal cukup dengan bakat itu, persaingan di Korea menurut gue menuntut lebih dari itu. Dari segi warna musik, style anggota, kebolehan dalam dance dan rap, semua hal bercampur dan menghasilkan sebuah standar yang sangat kompleks.
Nah, menurut gue, faktor penting yang membuat Blackpink bisa mengungguli standar adalah PH yang menaunginya, yaitu YG yang juga sama2 membesarkan nama Big Bang dan 2Ne1. Production Value dari YG selalu menunjukkan brand yang khas YG banget. Belum kita bicara bagaimana mereka merancang musik dan branding dari masing2 individual dalam grup itu sendiri.
Wait, kok jadi melebar gini sih?
Well…kalau balik lagi ke Stay, gue suka lagu ini karena dengan anehnya lagu ini bisa bikin gue ngerasa sedih dan seneng di saat yang sama.
Sedangkan kalau dari segi visual, sudahlah ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Emang ada gitu ya MV KPOP yan bikin sakit mata??


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Moving Out

Jakartan, Mall, and Things in between

Home